Bagaimana caranya agar lampu mika skutik kita awet

mikaTanya saja kakak, adik, ibu, bapak, kakek, nenek, maupun tetangga. Pasti jawabnya sama kalau ditanya apa sih penerang pada skutik? Lampu! Benar bin betul, sebab memang peranti itu satu-satunya andalan sebagai penerang ke jalan.

Peranti satu-satunya yang bukan sebuah itu berfungsi ganda, di depan, lampu utama menerangi permukan jalan, agar penunggang skutik bisa melihat kondisi di depan. Sedangkan di belakang sama seperti kendaraan lain, memberikan keterangan bagi pengguna jalan lain soal kondisi tunggangan yang kita naiki.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Mau belok, lampu sein akan menyala berwarna kuning. Sedangkan ketika hendak berhenti alias mengerem lampu berwarna merah akan menjadi terang. Nah, karena fungsiya sangat penting perlu terlihat jelas, begitu pun lampu utama, harus dan wajib memberikan penerangan sejelas-jelasnya, agar membantu penunggang melihat ke depan.

Pertama untuk lampu utama, andalan penerang jalan ini memang perlu bersih agar sinarnya tetap terang menembus mika lampunya. Karenanya mika lampunya tak boleh menjadi penghalang sinar terang. Umumnya mika lampu utama ini kerap kotor, karena terkena cipratan air dari jalan saat hujan.

Belum lagi, oksidasi dari knalpot kendaraan di depan dan kotoran-kotoran lain. Makanya agar tetap bening, perlu dibersihkan. “Bisa menggunakan kompon putih (gbr.1), untuk membersihkannya,” tukas Wira Sentosa, dari SACS di kawasan Pondok Gede, Jaktim.

Bersihkan dulu mika lampunya, agar terlihat bagian-bagian yang ada baret-baret halusnya (gbr.2). Kemudian, oleskan sedikit kompon putih tersebut, lalu gosok dengan gerakan memutar, menggunakan kain bersih (gbr.3). Tunggu hingga kering lalu gosokkan kembali hingga permukaan mikanya menjadi lebih halus dan terang.

Tak hanya lampu depan, mika belakang pun bisa dilakukan seperti cara tadi. Hanya tentunya bisa lebih mudah, karena bisa dilepas menggunakan obeng plus (gbr.4). Lepaskan mikanya lalu bersihkan dengan air sabun, bagian dalam dan luarnya.

Lantas, gosok menggunakan kompon putih hingga benar-benar bersih. Jika sudah terlalu parah sebenarnya makin baik kalau ganti baru saja. Mika belakang ini tentunya tak dijual mahal, kok.